Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Palangka Raya Kelas IA

Jl. P. Diponegoro No. 21, Kel.Langkai, Kec.Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 73111

W3C
One Day Publish

Jakarta, Pembaruan Peradilan.net – Kepaniteraan Mahkamah Agung RI meluncurkan gerakan dan kampanye Layanan Informasi “One Day Publish”, pada Kamis malam (12/4/2012) bertepatan dengan Konsinyering Publikasi Putusan di Tangerang.“One Day Publish” merupakan maklumat pelayanan kepada publik bahwa MA akan memublikasikan  informasi perkara pada hari yang sama dengan perkara tersebut diputus. MA juga akan memublikasikan putusan pada hari yang sama dengan perkara tersebut dikirim ke pengadilan pengaju.

Panitera Mahkamah Agung Soeroso Ono menyatakan peluncuran ini terkait dengan keikutsertaan Mahkamah Agung dalam kompetisi layanan publik yang digelar oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4).

“Namun demikian, tanpa adanya kompetisi layanan publik pun, peningkatan kualitas informasi telah menjadi komitmen Mahkamah Agung sejak SK Keterbukaan Informasi (SK KMA No.1-144/2011 –red) diluncurkan,” tegasnya.

Sebetulnya sudah ada kebijakan Ketua MA yang tertuang dalam SK KMA No.138/KMA/SK/IX/2009 yang mengatur batasan jangka waktu penanganan perkara, termasuk batasan waktu publikasi informasi perkara. Maka, kampanye “One Day Publish” seakan menguatkan kembali komitmen MA untuk terus meningkatkan kualitas layanan.

Dalam kesempatan ini Panitera turut mengingatkan dan memberi pengarahan kepada seluruh jajarannya bahwa sudah ada tim monitoring dan mekanisme pengendalian kualitas informasi perkara.

“Tim akan selalu memantau publikasi informasi di website, jika ada perkara sudah putus tetapi belum ada informasinya, kami akan menegornya,” tegas Panitera.

MA mengikutsertakan program Layanan Informasi Perkara  dan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum untuk berkompetisi bersama dengan 64 layanan publik dari 34 kementrian dan lembaga.  Kompetisi dilaksanakan oleh UKP4 dengan waktu kompetisi selama empat bulan, mulai April s/d Agustus 2012, yang pemenangnya akan mendapatkan penghargaan dan piala dari Presiden RI.

Selain Panitera sendiri, acara ini dihadiri oleh Sekretaris Kepaniteraan, para Panitera Muda Perkara, para Panitera Muda Tim (Askor), dan para operator dari masing-masing Tim/Kamar. Secara simbolis, peluncuran kampanye tersebut ditandai dengan penyematan pin bertuliskan “One Day Publish” kepada masing-masing peserta dan seluruh undangan yang hadir.(*)